| |

PTC Eduventure

Jumat, 29 November 2019, kami TK Kristen Petra 11 kelompok A dan kelompok B, mengikuti kegiatan  Fieldtrip ke Mall PTC. Semua anak TK kelompok A dan B, pagi itu, berangkat ke Mall PTC untuk mengikuti kegiatan di sana, mau tahu kegiatan apa saja di sana, yuk ikuti kami.

IMG_20191129_125917.jpgIMG_20191129_131708.jpgIMG_20191129_125944.jpgIMG_20191129_131200.jpgIMG_20191129_112207.jpg
 

Eduventure, berpetualang sambil belajar, ye.., semua anak tampak bersemangat. Karena hari ini kami, akan belajar di luar kelas tepatnya di mall, bersama dengan Bapak dan Ibu Guru. Kegiatan pertama yang kami ikuti pertama adalah di area hands craft, ya kami akan membuat keterampilan tangan dengan dipandu kakak penyelenggara acara, kami memulai kegiatan di sana dengan membuat hiasan pohon natal yang terbuat dari potongan kertas panjang dan warna – warni, dari potongan kertas tersebut kami gulung satu per satu sampai habis, ada juga teman kami yang kesulitan dalam menggulung kertas tersebut, tetapi dengan dibantu oleh Bapak dan Ibu Guru semua dapat diselesaikan, setelah proses menggulung selesai kini saatnya untuk menempel hiasan pada pohon natal yang sudah disiapkan, selanjutnya kami foto bersama dengan hasil karya kami.

Kegiatan yang kedua, kami menuju ke area ownbunny land, yaitu tempat hewan peliharaan kelinci. Di sana kami melakukan kegiatan membuat topeng kelinci, menggunting, mewarnai, dan menempel bulu kelinci yang terbuat dari kapas. Di akhir acara, kami diperbolehkan memegang dan memberi makan kelinci. Ternyata makanan kelinci tidak hanya wortel tetapi juga rumput dan jerami. Kakak pemandu fieldtrip memperbolehkan kami memberi makan kepada kelinci – kelinci tersebut, melalui seikat rumput,  kami pun mulai memberi makan, sungguh asik sekali kegiatan ini. Tidak hanya itu, kami juga diperbolehkan untuk menyentuh salah satu dari kelinci peliharaan tersebut, bulunya sangat lembut, teman kami ada yang tertawa karena geli ketika menyentuh tubuh kelinci. Berpetualang sambil belajar demikianlah kegiatan kami saat fieldtrip ke mall PTC, sampai jumpa.

Sehari Bersama Papa dan Mama di Sekolah

Hari ini, Selasa, 26 November 2019, merupakan hari istimewa bagi kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok A dan B, karena kami boleh datang bersama orang tua. Kata Bu Guru, hari ini anak – anak boleh belajar bersama orang tua. Belajar bersama orang tua? Iya, hari ini, orang tua kami diundang oleh Bu Guru untuk mengikuti kegiatan gathering dengan tema  sweetness in christmas.

P_20191126_100628.jpgP_20191126_113609.jpgP_20191126_100617.jpgP_20191126_114032.jpgP_20191126_100646.jpgP_20191126_100808.jpg
 

Karena hari ini hari yang istimewa, kami masuk sekolah dengan menggunakan pakaian bebas bernuansa natal (warna merah atau hijau), wow, ada teman yang datang bersama dengan papa dan mama, wah senangnya.

Kegiatan gathering kali ini adalah membuat hiasan natal dari bahan bekas yang masih bisa diolah menjadi kreasi hiasan natal, misalnya membuat pohon natal, lonceng, dan lain – lain. Agar menghasilkan karya yang terbaik, kami, anak dan orang tua harus bekerja sama. Setelah mendapat penjelasan dari Bu Guru, kami segera bekerja dengan semangat. Bu guru dan Pak Guru berkeliling untuk mengamati dan mendokumentasikan kegiatan anak dan orang tua.

Wah, ternyata papa dan mama anak – anak TK Kristen Petra 11 sangat kreatif, botol bekas bisa diolah menjadi lonceng cantik, kardus dijadikan manusia salju, hiasan pintu, dan kreasi yang lain. Apalagi kegiatannya? Oh, ada yang seru, mencari mama yang wajahnya mirip. “Ayo cepat – cepat ajak ke depan” anak semangat mencari, dan menggandeng mama yang dianggap wajahnya mirip, Hore... Sudah dapat. Ternyata, yang wajahnya mirip adalah mama Edison dan mama Callysta. Di akhir acara, Bapak dan Ibu Guru memberikan souvenir untuk setiap anak sebagai apresiasi dan ucapan terima kasih kepada orang tua yang bersedia hadir.

Merdeka! SDM unggul Indonesia maju !.

 

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74 negara kami tercinta. Kami warga KB – TK Kristen Petra 11 mengadakan berbagai lomba yang menarik, semua anak datang mengenakan pakaian nuansa merah – putih, dengan penuh semangat mereka bersiap untuk mengikuti serangkaian kegiatan pada hari Jumat, 16 Agustus 2019. Kegiatan begitu meriah diawali dengan sambutan oleh Ibu Regina sebagai Kepala TK Kristen Petra 11, dan dilanjutkan fun walk yang diikuti oleh semua murid – murid KB – TK maupun SD, dengan mengkibarkan bendera merah putih kami murid – murid TK berjalan dengan rute perjalanan yang sudah ditentukan, rute perjalanan untuk anak TK tidak terlalu jauh, karena jika terlalu jauh anak – anak akan kecapekan dan tidak kuat. Waaupun lelah tapi kami semua masih tetap bersemangat karena, masih ada serangkaian kegiatan lomba yang lain. Ada lomba berarti ada hadiah, horee, kami menjadi bersemangat untuk mengikuti lomba. Meskipun terasa sangat capek karena di jalan kami terkena paparan sinar matahari, tetapi itu tidak menyurutkan semangat kami untuk mengikuti lomba.

Setelah semua kembali ke kelas masing – masing, kita mengikuti lomba yang di pandu oleh guru kelas, anak kelas KB A dipandu oleh Bu Septin dengan lomba merangkak, anak – anak KB B dipandu oleh Bu Sifera mengikuti lomba memasukkan bola kedalam wadah, anak – anak TK A dipandu oleh Bu Erna berlomba memasangkan bagian – bagian tubuh, dan anak – anak TK B dipandu oleh Pak Whisnu mengikuti lomba menyusun puzzle dan menyusun huruf menjadi kata. Semua anak sangat antusias mengikuti lomba tersebut, bahkan ada yang menangis karena belum dapat melakukan sesuai perintah, tetapi setidaknya mereka sudah menunjukkan bahwa mereka berani tampil di depan teman –temannya. Nahh.. bagi anak – anak yang mendapat juara 1, 2 dan 3, mendapatkan hadiah, tetapi untuk anak - anak yang belum menang jangan berkecil hati ya. Bagi anak - anak yang  belum menang mendapatkan hadiah tempat pensil yang bagus, hehe, sukacita nampak di wajah mereka setelah menerima hadiah tersebut. Sungguh peringatan hari kemerdekaan yang sungguh berkesan dan penuh kebersamaan bagi kami keluarga besar KB – TK Kristen Petra 11, semoga kebersaan ini terus berlanjut dan tidak pernah berhenti, mari bersama – sama mengisi hari kemerdekaan dengan penuh semangat pantang menyerah. Merdeka, sekali lagi merdeka tetap merdeka!!!

Hari Pertama Ke Sekolah Di Kelas KB A, KB-TK Kristen Petra 11

Hari ini hari pertama ku, hari pertama ke sekolah, senangnya hati ku diantar ayah ibu, pergi bersama ke sekolah. Begitulah lagu yang kami nyanyikan pada hari pertama kami di sekolah.

IMG-20190718-WA0003.jpgIMG-20190718-WA0005.jpgIMG-20190718-WA0009.jpgIMG-20190718-WA0004.jpgIMG-20190718-WA0007.jpg
 

Akhirnya, hari yang ditunggu – tunggu telah datang, kini, saatnya kami berangkat ke sekolah. Pada tanggal 15 Juli 2019, kami KB A, KB  - TK Kristen Petra 11, berangkat ke sekolah dengan senang karena akan bertemu dengan Bapak & Ibu Guru baru di sekolah, dan juga bertemu dengan teman – teman baru. Pada hari pertama, kami masih ditemani oleh orangtua  karena kami masih belajar menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, teman baru, dan guru baru. Ada beberapa teman kami yang menangis saat di dalam kelas, ada juga yang berlari keluar mencari bola, hehe… suasana menjadi ramai.

Sebelum kegiatan dimulai, kami berkenalan dengan Bu Guru yang cantik – cantik, namanya adalah Bu Septin dan Bu Ita. Nahh.. Bu Guru ini yang akan mengajak kami untuk bermain sembari belajar di dalam kelas. Setelah berkenalan, kami diajak Bu Guru untuk bernyanyi bersama dan menirukan gerakannya dengan lagu yang berjudul “Berani - berani”.  Huuhh… tetapi teman – teman kami belum ada yang mengikuti, karena masih takut dan malu – malu. Akhirnya kami diajak untuk membuat mahkota penguin. Namun pada mahkota penguin tersebut belum terdapat mata dan paruh. Nahh.. tugas kami adalah menempel mata dan paruh dengan tepat, dengan bantuan dari Bu Guru akhirnya kami dapat melaksanakan dengan baik.

Selanjutnya adalah waktunya istirahat, waktunya makan. Sebelum makan, kami diajari untuk belajar mengucapkan doa sebelum makan, dan membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Kegiatan ini merupakan pembiasaan yang diajarkan di kelas KB Kristen Petra 11.

Setelah semua kegiatan dilakukan, kini tiba saatnya untuk berdoa pulang, Thankyou Lord for today, now we will go home, please bless us, in the name of Jesus we pray, Amien.

Sampai jumpa lagi di kegiatan berikunya. Sayonara – sayonara, sampai berjumpa pulang, buat apa susah – buat apa susah, susah itu tak ada gunanya. Demikianlah kegiatan kami KB Kristen Petra 11 kelompok A, sampai jumpa. Tuhan memberkati kita semua.

Aku Anak Mandiri

Aku anak mandiri
Bisa melakukan sendiri
Tidak cengeng percaya diri
Masuk kelas sendiri
Yes, yes, yes…

 
8.jpg6.jpg4.jpg7.jpg11.jpg9.jpg1.jpg3.jpg2.jpg

Demikianlah syair yang kami ucapkan saat mengikuti kegiatan LOS pada hari Rabu, 17 Juli 2019. Pagi itu, semua anak bersemangat saat datang ke sekolah, senyum, salam, dan wajah gembira terpancar pada muka anak – anak TK Kristen Petra 11, kelompok B. Sebelum kegiatan dimulai, diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bu Felma sebagai Guru kelas TK B. Selama mengikuti kegiatan LOS, lagu “aku anak yang berani” merupakan lagu yang harus kami ketahui dan kami hafal, karena di lagu tersebut menggambarkan keberanian, kepandaian, dan kemandirian anak TK, yang sejak masuk sekolah berani tanpa didampingi orangtua di dalam kelas.

Untuk mengawali kegiatan pada hari ini, kami bernyanyi lagu “Hari pertama ke sekolah”. Kami menyanyi dengan bersemangat, meskipun ada bagian dari lirik lagu yang belum kami hafal, tetapi hal itu tidak mengurangi semangat kami dalam bernyanyi hehe.. Setelah itu, kami mengikuti kegiatan outbound yang dilaksanakan di aula, kami harus melewati beberapa rintangan, yaitu papan titihan, melompati simpai, melangkah di gambar “kaki gajah”, memindahkan dingklik, masuk ke dalam kolam bola, dan mencari telur emas. Horee, jika berhasil menyelesaikan permainan, kami boleh bermain mainan yang ada di ruangan aula.

Oke, sekarang tiba saatnya kami bermain, satu persatu dari anak – anak TK B, bergantian maju untuk melewati rintangan dan mencari telur emas di dalam kolam bola. Rintangan pertama yang harus dilewati adalah papan titihan, jika ingin melewati papan ini posisi badan harus seimbang dan konsentrasi juga setiap langkah harus diperhatikan supaya tidak jatuh, selanjutnya adalah melangkah di gambar “kaki gajah”, kami harus melangkah tepat atas gambar telapak kaki yang telah disediakan, kemudian memindah dingklik menuju kolam bola, disini disediakan dua dingklik, yang satu berada di depan dan yang satu harus kita naiki, cara bermainnya adalah, kita harus berpindah dari dingklik ke dingklik yang depan dan memindah dingklik yang di belakang ke depan, lakukan sampai menuju ke kolam bola. Setelah di dalam kolam bola, waktunya untuk mencari bola emas yang telah disembunyikan, anak – anak terlihat sangat bersemangat di dalam kolam itu.

Pada akhirnya semua anak berhasil mendapat telur emas tersebut, dan sebagai hadiah, anak – anak mendapat balon yang bertuliskan “aku anak mandiri”. Tuhan, tolong kami supaya kami menjadi anak mandiri. Terima kasih Tuhan.

boost the values reap the success