| |

Christmas Services and Celebrations

Di Betlehem telah lahir
Juru s'lamat manusia
Yesus putra Maria
Dialah Raja damai

Suara lembut Vevina, teman kami dari kelompok B melantunkan pujian  yang berjudul “Yesus Putra Maria” mengawali kegiatan Kebaktian dan Perayaan Natal KB-TK Kristen Petra 11 pada tanggal 14 Desember 2020. Hari itu, dengan memakai kostum nuansa natal (merah/hijau), ada yang memakai asesoris topi sinterklas, bando tanduk rusa natal (Rudolf), kami bersama Ibu dan Bapak Guru bersukacita merayakan Natal di tengah masa Pandemi Covid 19 secara virtual.

Pelayanan firman Tuhan disampaikan oleh Bapak Danny Nobret, S.Th. dengan tema “TUHAN Besertaku”, yang diambil dari kitab Matius 1:23: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel – yang berarti: ALLAH MENYERTAI KITA." Dalam renungannya, Kak Danny, demikian beliau minta dipanggil, menguraikan arti kata Imanuel: Allah menyertai kita, yang artinya, 1) Tuhan hadir bersama kita (anak-anak), 2) Tuhan dekat dengan kita. Tuhan hadir ke dunia, lahir di kandang yang hina, karena ingin dekat dengan anak-anak-Nya, dan supaya kita semangat dalam melayani-Nya.

Perayaan natal semakin lengkap dengan acara panggung boneka yang membawakan cerita tentang anak-anak yang bersukacita menghias pohon natal sambil memikirkan, apa hadiah natal untuk Tuhan Yesus. Kira-kira, apa ya, yang dipersiapkan oleh mereka sebagai hadiah natal untuk Tuhan Yesus? Oh, ternyata, mereka mempersembahkan talenta yang dimiliki, ada yang mempersembahkan dance, pembacaan puisi, solo vokal, dan ada juga yang bermain musik yang ditampilkan secara virtual.

Pembacaan puisi dengan judul “Natal” yang dibawakan oleh teman-teman, menggambarkan perasaan kami saat ini, merayakan Natal di tengah masa pandemi covid 19, kondisi yang berbeda dengan Natal di tahun-tahun yang lalu.

Natal memang tak lagi sama, kita tidak dapat berkumpul seperti dulu. Namun, cinta kasih Allah selalu kita rasakan setiap waktu.

Ya, meskipun kami tidak bisa ke sekolah, tidak bisa berkumpul bersama untuk merayakan Natal, kami tetap bersukacita karena cinta kasih Tuhan Yesus tetap kami rasakan hingga hari ini,  melalui keluarga dan para guru yang mengasihi kami, itulah bukti cinta kasih Allah kepada kami. Wah, Ibu dan Bapak Guru kami juga tidak mau ketinggalan dalam mempersembahkan talentanya untuk Tuhan Yesus, yaitu memainkan alat musik angklung membawakan lagu “Jingle bell” bersama beberapa teman kami dari kelompok B, yang memainkan alat musik pianika, dan solo vokal.

Dari cerita panggung boneka, ada satu anak yang yang mengingatkan kita, bahwa hadiah natal untuk Tuhan Yesus itu tidak harus dalam bentuk barang, tetapi kita mau mempersembahkan hidup kita sebagai hadiah natal untuk Tuhan Yesus. Natal tidak hanya soal kado, baju baru, celana baru, atau sepatu baru, tetapi Natal itu, bagaimana kita memberikan yang terbaik untuk Tuhan, karena Tuhan sudah memberikan yang terbaik untuk kita, yaitu dengan kelahiran Tuhan Yesus sebagai Juruselamat kita.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah masih ada sukacita dalam merayakan Natal tahun ini, di masa pandemi covid 19 yang belum juga berakhir. Kita semua harus tetap semangat, tetap bersukacita karena Tuhan Yesus beserta kita, Tuhan selalu hadir dan dekat dengan kita. Merry Christmas 2020. God Bless Us.

The Joyfulness for Christmas

003_IMG-20201211-WA0033_1.jpg010_IMG-20201215-WA0088.jpg007_IMG-20201214-WA0051.jpg004_IMG-20201214-WA0041.jpg011_IMG-20201216-WA0026.jpg005_IMG-20201214-WA0044.jpg009_IMG-20201215-WA0087.jpg008_IMG-20201215-WA0015.jpg006_IMG-20201214-WA0050.jpg001_IMG-20201216-WA0049.jpg

Pandemi Covid 19 yang datang di pertengahan bulan Maret  2020 belum berlalu hingga kini bulan Desember 2020. Tahun-tahun sebelumnya, bulan Desember menjadi bulan yang ditungu-tunggu, selain libur sekolah, juga menjadi bulan penuh sukacita bagi kita. Ya, di bulan Desember kita memeringati dan merayakan Natal, hari kelahiran Tuhan Yesus, Juruselamat dunia. Tetapi kami, anak KB-TK Kristen Petra 11 tetap bersukacita menyambut Natal di tengah Pandemi Covid 19, ada banyak kegiatan yang masih bisa kami lakukan meskipun harus #dirumah_saja, di antaranya menghias rumah dengan memasang pohon natal bersama keluarga serta membuat hiasan natal agar sukacita natal tetap ada di hati kami. Dan, kegiatan yang paling seru adalah membuat kue natal bersama mama, memasak bersama mama dan kakak, menyanyi dan bermain musik bersama keluarga. Wah, kalau masa sekolah offline dulu, jarang loh, kami punya kesempatan membuat kue bersama mama, karena pada waktu mama membuat kue, kami sedang belajar di sekolah. Bagaimana dengan teman-teman, punya kegiatan apa bersama keluarga dalam menyambut natal selama #dirumah_saja? Mari, kita nikmati sukacita Natal di tengah pandemi Covid 19, karena Tuhan Yesus tetap menyertai kita, tetap hadir di tengah-tengah kita. Tuhan Yesus yang telah datang dari surga mulia, menjadi Juruselamat umat manusia tetap ada untuk kita, bersyukur karena Tuhan masih memberikan kesehatan dan kekuatan bagi kita. Karena itu, tetap semangat ya teman-teman, mari menyambut Natal 2020 di tengah masa Pandemi Covid 19 dengan hati sukacita. Selamat menyambut Natal, Tuhan memberkati kita semua.

Surabaya Zoo Adventure

Hore …. akhirnya, kami diajak jalan-jalan oleh Bapak dan Ibu Guru KB-TK Kristen Petra 11. Meskipun secara virtual, kami cukup senang, menjelajah ke Kebun Binatang Surabaya pada tanggal 30 Oktober 2020. Sebelum hari H, Bapak dan Ibu Guru sudah memberi tahu kami, agar kami mempersiapkan diri, pakai seragam olahraga, topi, bawa bekal makan dan minuman. Pada hari itu, dari pagi, kami sudah tidak sabar akan mengikuti kegiatan field trip, kami menggunakan background zoom meeting yang sudah disiapkan oleh Bapak dan Ibu Guru. Kegiatan field trip diawali dengan  menyanyikan lagu  “Walking in The Jungle”, kemudian, berkeliling ke KBS yang dipandu oleh Bapak dan Ibu Guru, ha ha ha … tentu saja dengan melihat tayangan video. Wah … senangnya, ternyata, Bapak dan Ibu Guru kami benar-benar ke KBS supaya bisa membuat video, dan kami bisa melihat suasana serta berbagai jenis binatang yang ada di KBS, ada komodo, harimau, singa, zebra, unta, rusa, dan yang lainnya. Selain, nama binatangnya, Bapak dan Ibu Guru juga memberi tahu kami berbagai pengetahuan tentang binatang, seperti jenis/golongannya, makanannya, tempat tinggal atau habitatnya, dan sebagainya sehingga pengetahuan kami jadi bertambah. Setelah selesai berkeliling Kebun Binatang Suarabaya, terasa haus dan lapar, itu tandanya waktunya kita beristirahat, menikmati bekal yang sudah disiapkan oleh mama, he he he … jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, ya teman-teman, supaya kita terhindar dari kuman. Kegiatan kami yang terakhir adalah, membuat miniatur kebun binatang untuk kami anak KB B dan TK B, sedangkan kami, anak TK A membuat gajah dari kertas lipat.

Selesai sudah kegiatan kami hari ini. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru yang telah mengajak kami menjelajah ke Kebun Binatang Surabaya, meskipun secara virtual. Kami berdoa, semoga pandemi COVID 19 segera berlalu, dan kami bisa benar-benar pergi ke Kebun Binatang Surabaya.

Lomba Bulan Bahasa

“Teman-teman, tahu nggak, kenapa kita di rumah saja? Ya, betul, karena ada virus corona. Kali ini, saya mau bagi-bagi tips kebersihan dengan cara 3M. M pertama, yaitu mencuci tangan dengan air dan sabun. M yang kedua, yaitu memakai masker. M yang ketiga, yaitu mandi setelah bepergian.” Wah … hebat ya, masih kecil sudah bisa kasih pesan tips cara pencegahan penularan virus corona.

Image_007.jpgImage_004.jpgImage_009.jpgImage_005.jpgImage_008.jpgImage_001.jpgImage_003.jpgImage_006.jpgImage_002.jpg

Hallo teman-teman, itu tadi sebagian dari isi vlog yang dibawakan oleh Clairenna Adelaive Halley, pemenang juara I Lomba vlog dalam rangka Bulan Bahasa KB-TK Kristen Petra 11 yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Sebenarnya, lombanya boleh diikuti oleh anak KB & TK dari sekolah lain juga lho.

Lomba dalam rangka Bulan Bahasa terdiri dari: yel-yel untuk anak Kelompok Bermain (KB), vlog untuk anak TK A, serta menggambar dan bercerita untuk anak TK B. Lomba Bulan Bahasa dilaksanakan dalam rangka memeringati Bulan Bahasa yang dilaksanakan setiap bulan Oktober dan ikut mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yaitu Program Surabaya Kota Literasi. Pemkot Surabaya memiliki komitmen bahwa dengan membaca dan menulis, maka rasa ingin tahu akan muncul dan kreativitas akan tumbuh demi kemajuan bangsa. Dengan tema “Berpikir Kritis dan Kreatif di Tengah Pandemi COVID 19”, diharapkan anak-anak menjadi kritis dan kreatif menuangkan ide dan bakatnya dengan mengikuti lomba. Wah, ternyata hebat-hebat juga anak KB dan TK.

Karena saat ini kita masih dalam masa pandemi COVID 19, maka lomba dilaksanakan tanpa tatap muka, peserta lomba diminta mengirimkan video rekaman, sesuai dengan kategori jenis lomba yang diikuti, dan pengumuman dilaksanakan secara virtual juga, melalui zoom meeting pada tanggal 30 Oktober 2020.  Tetapi, saat penyerahan hadiah pemenang lomba dilakukan secara tatap muka. Selamat ya, untuk para pemenang Lomba Bulan Bahasa.

Oh iya, yang berhasil menjadi pemenang dari KB-TK Kristen Petra 11 adalah, Sharron Ivana Halim, meraih juara III  lomba yel-yel, Clairenna Adelaive Halley, meraih juara I dan Azarya Wisaka Jaya Kristianto meraih juara II lomba vlog, serta Princessrei Keianna Indriana Y. juara III lomba menggambar dan bercerita. Ayo teman-teman, jangan putus asa, kembangkan bakat dan kreativitasmu dengan rajin membaca, bercerita, atau menulis untuk memajukan bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia. Tuhan Yesus memberkati.

Happy Teacher’s Day

Hari ini, Rabu, 25 November 2020, para guru KB-TK Kristen Petra 11 dibuat terharu karena mendapat kejutan dari perwakilan siswa dan orang tua (yang diwakili oleh mama dari anak KB dan TK) dalam Peringatan Hari Guru Nasional. Ya, Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 ini terasa sangat istimewa karena, karena dilakukan di tengah masa pandemi Covid 19 secara daring dengan menggunakan fasilitas zoom meeting dan apresiasi dari orang tua yang ditayangkan melalui video. Padadahal, peringatan Hari Guru Nasional pada tahun-tahun sebelumnya, dilaksanakan di sekolah bersama guru dan para siswa saja.

Perwakilan siswa dan orang tua menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat Hari Guru, dan, kejutannya adalah, beberapa mama dari anak KB dan TK menyanyikan lagu “Tuhan Memanggilmu” dari NKB 126, yang liriknya mengingatkan para guru akan panggilannya sebagai seorang guru.

Tuhan memanggilmu, hai dengarlah:
“Apa pun yang terbaik, ya b’rikanlah!”
Dan jangan ‘kau kejar hormat semu,
muliakan saja Yesus, Tuhanmu.

Reff:
Tiap karya diberkati-Nya,
namun yang terbaik dimintaNya.
Walaupun tak besar talentamu,
b’ri yang terbaik kepada Tuhanmu

Selain menyanyi, perwakilan orang tua juga memberikan ucapan Selamat Hari Guru serta ucapan terima kasih karena telah berusaha mendidik anak dengan sabar dan baik dalam keterbatasan di masa pandemi ini. Apresiasi dari siswa dalam bentuk menyanyi lagu “Terima kasih Guruku” juga terasa sangat berbeda, meskipun kami para guru telah mendengarkan lagu tersebut setiap Peringatan Hari Guru, namun, tahun ini terasa sangat istimewa dan menyentuh hati. Terima kasih anak-anak dan orang tua untuk apresiasinya, untuk semangat dan doanya buat kami para guru. TUHAN memberkati kita semua

boost the values reap the success