| |

Tanaman Juga Perlu Dicintai

Hallo teman-teman, jumpa lagi dengan kami, anak-anak TK Kristen Petra 11. Kali ini, kami kembali berbagi pengalaman tentang tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, yaitu tanaman kunyit, atau disebut juga kunir. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah (atau tanaman bumbu masakan) dan tanaman toga (atau tanaman obat-obatan). Di rumah, pasti mama kalian punya persediaan kunyit, bahkan pernah menggunakan kunyit sebagai pelengkap bahan masakan. Coba kalian tanya kepada mama, apakah mama punya persediaan kunyit, dan, makanan apa yang menggunakan kunyit? Teman-teman pernah makan soto atau kare? Biasanya, kuah soto atau kare berwarna kuning. Nah, warna kuning kuah soto atau kare berasal dari kunyit.

Proyek_PKK_2_4.jpgProyek_PKK_B_6.jpgProyek_PKK_3.jpgProyek_PKK_A_5.jpgPKK_TK_2.jpgScreen_Shot_2020-10-20_at_12.34.52_PM_1.jpg

Eh, tunggu dulu … kegiatan yang akan kami bagikan bukan pengetahuan tentang kunyit atau membuat makanan dengan bahan kunyit, melainkan tentang kegiatan proyek PKK dalam rangka memeringati Hari Bumi (Earth Day) dengan tema “Mencintai Tanaman” yang dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020 untuk kelompok TK B dan tanggal 9 Oktober 2020 untuk kelompok TK A. Melalui  kegiatan ini, kita belajar untuk menumbuhkan kepedulian kita terhadap bumi yang kita tempati,   tujuannya, agar kita memahami, bahwa tanaman adalah ciptaan Tuhan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, dan, kita juga belajar untuk menanam serta merawat tanaman dengan baik supaya terjadi kelangsungan lingkungan hidup yang nyaman.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memelihara bumi tempat tinggal kita, yaitu dengan menanam dan memelihara pohon/tanaman, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, mematikan lampu ketika tidak dipakai, dan memakai air seperlunya.

Menanam merupakan bukti kita mencintai bumi tempat tinggal kita. Dan, merawat tanaman merupakan bukti bahwa kita mencintai tanaman yang adalah ciptaan Tuhan. Jika tanaman tumbuh subur, lingkungan tempat hidup kita menjadi asri, nyaman, sejuk, udara bersih, dan kita sehat

Lalu, karakter apa sih, yang kita pelajari melalui kegiatan menanam kunyit? Melatih kesabaran kita dalam mengikuti suatu proses, karena tanaman tidak tumbuh dalam waktu semalam. Tanaman bisa tumbuh subur setelah melewati suatu proses, seperti pengolahan tanah, penanaman bibit, tanaman perlu disiram secara rutin dan dirawat dengan baik, misalnya dengan pemberian pupuk.

Teman-teman, ayo mencintai bumi tempat tinggal kita, mulai dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan, seperti menanam dan merawat tanaman yang ada di rumah kita, termasuk di lingkungan tempat tinggal kita. Semoga, tanamannya tumbuh subur ya, dan kita bisa menikmati hasilnya serta menikmati hidup dengan lingkungan yang sehat dan nyaman.

boost the values reap the success