| |

Serunya Membuat Contong Tempat Bubur

1 2

Humm.. yuumyy. Hari ini kita akan membuat dan mencicipi makanan khas Madura, yaitu bubur madura. Bubur madura biasanya disajikan dengan wadah, yang terbuat dari daun pisang, yang disebut dengan “contong”, seperti apa sih, contong itu? Yukk, ikuti keseruan kami dalam proses membuat contong, tempat bubur madura.

Pada tanggal, 28 Mei 2019, TK Kristen Petra 11 Kelompok B, belajar di sentra bahan alam dengan tema “makanan khas Madura”. Bersama dengan Pak Whisnu, kami belajar tentang macam – macam makanan khas yang ada di kota Madura, woww, ternyata ada banyak macam makanan seperti, bebek songkem, soto madura, nasi serpang, kaldu kokot, rujak corek, ada juga sate, dan bubur madura. Nah, kali ini, kami akan membuat contong, tempat bubur yang terbuat dari daun pisang, dan mencicipi bubur madura.

3 4

Ketika pertama kali ditunjukkan oleh Pak Whisnu, bentuk contong yang sudah jadi, terlihat mudah untuk membuatnya, tinggal dibentuk segitiga, kemudian diberi lidi sebagai penahannya, hehe. Setalah diberi contoh oleh Pak Whisnu, kami pun mulai membuatnya.

Waduhh, ternyata proses pembuatannya tidak mudah, dan kami sangat kesulitan. Bahan yang digunakan untuk membuat contong, yaitu satu lembar daun pisang dan lidi. Pertama, kita ambil satu lembar daun pisang dan dibentuk menjadi kerucut atau bentuk segitiga. Ternyata, membuat contong agak sulit bagi kami, sehingga kami perlu dibantu oleh guru.

5 6

Selain bubur, di Madura juga terkenal dengan makanan sate yang terbuat dari daging ayam. Tee sateee...itu suara khas penjual sate madura. Tetapi, kali ini kami membuat sate Madura dari bahan pelapah daun pisang, tetapi bukan untuk dimakan yaaa. Kami belajar untuk menusuk dengan baik, satu per satu potongan pelepah daun pisang sampai menyerupai sate, semua harus dilakukan dengan sabar, teliti, dan hati – hati, karena jika tidak berhati – hati tangan kita akan terkena tusuk sate tersebut dan jika tidak sabar dan teliti, hasil yang didapatkan akan tidak memuaskan.

7

Setelah proses membuat contong dan sate tadi selesai, tiba saatnya yang kami tunggu – tunggu akhirnya datang, yummyy,.. kami akan mencicipi bubur madura yang terbuat dari tepung beras santan dan gula merah, waahh enak ternyata, dan rasanya manis. Pada hari itu, kami sangat senang karena, selain bisa belajar banyak tentang makanan khas Madura, kami juga diberi kesempatan untuk mencicipi bubur madura.   

boost the values reap the success