| |

Membuat Tempe Crispy

tempe_crispy_01.jpgIMG_9430.jpgIMG_9427.jpgtempe_crispy_02.jpgIMG_9437.jpgIMG_9447.jpgIMG_9436.jpgIMG_9438.jpgtempe_crispy_03.jpgIMG_9415.jpg
 

Semangat pagi! Pagi pagi pagi yes. Aku yakin aku bisa! Begitulah yel-yel penyemangat pagi hari, yang kami ucapkan saat mengikuti sentra memasak pada hari Kamis, 7 Agustus 2019.  Semua anak terlihat sangat antusias dan bersemangat saat melihat banyak sekali alat – alat untuk memasak, raut wajah gembira bercampur penasaran terpancar pada ekspresi anak – anak TK Kristen Petra 11 kelompok B, mereka seakan – akan bertanya, “apa yang akan kita lakukan hari ini?”, ternyata hari ini Bu Felma, Guru kelas Kelompok B, ingin mengajak anak-anak untuk praktik memasak tempe krispi.

Untuk mengawali kegiatan pada hari ini, kami berdoa dipimpin oleh Bu Felma. Sebelum memulai memasak, kami dikenalkan tentang macam – macam alat untuk memasak dan fungsinya di antaranya adalah kompor, wajan, stik untuk menggoreng, minyak goreng, piring, serta bahan untuk membuat tempe crispy. Sebelum membuat tempe krispi pertama kita potong terlebih dahulu tempe menjadi kecil – kecil, semua anak dengan bergiliran ikut serta memotong tempe yang akan diolah, kemudian setelah tempe tersebut dipotong anak – anak di ajak untuk membuat adonan dari tepung yang dicampur air dan di beri bumbu – bumbu tambahan supaya terasa enak jika sudah matang nantinya, nah.. sembari mengaduk bumbu tepung tadi, hisupkan kompor dan panaskan wajan yang terisi dengan minyak goreng, tunggu sampai minyak siap digunakan untuk menggoreng, sebelum digoreng, masukkan tempe yang sudah dipotong tadi ke dalam bumbu adonan tepung, aduk sampai semua bagian tempe terlapisi dengan tepung, nah.. setelah semua siap, saatnya menggoreng, yeeee.... tetapi kita harus berhati – hati dan harus didampingi oleh orang dewasa ketika menggoreng, karena itu berbahaya jika sampai terkena minyak panas, kulit kita bisa melepuh dan sakit. Semua anak langsung terfokus perhatiannya ke tempe yang dimasukkan ke dalam wajan, hummm yummy...baunya mulai tercium sangat harum, pasti rasanya enak, hehe... Jika sudah tercium bau harus tandanya tempe sudah hampir matang, tunggu hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

Setelah menunggu beberapa saat tempe yang kita tunggu akhirnya matang dan tercium sangat enak, kami sudah tidak sabar untuk mencicipi, hehe.. tempe tadi disajikan di atas mangkuk kecil dan semua anak mendapat bagian. Saatnya untuk makan tempe buatan sendiri. Kami menjadi makin semangat untuk pergi ke sekolah, karena setiap harinya menjadi kejutan, banyak kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk kami. Setelah kegiatan pembelajaran memasak kami jadi ingin mencoba membantu orang tua kami memasak dirumah, supaya jadi semakin pandai memasak dan semakin rajin membantu orang tua di rumah, tidak cuma itu, didalam pembelajaran memasaka tadi kami diajarkan untuk selalu teliti, berhati –hati dalam mengerjakan segala sesuatu, belajar bersabar serta bertanggung jawab dalam mengerjakan segala sesuatu, termasuk mengerjakan tugas yang ada di sekolah. Ayo teman – teman, belajar itu menyenangkan.

boost the values reap the success