| |

Belajar membuat cookies

Selamat pagi teman – teman, kali ini kami keluarga besar KB-TK Kristen Petra 11, mengadakan  field trip ke Bogasari, yang diadakan pada tanggal 23 Oktober 2019. Mau tahu bagaimana keseruan kami dalam proses membuat kue? Yuk simak cerita kami.

Pagi itu, anak – anak datang ke sekolah dengan wajah gembiranya, karena mereka tahu, bahwa hari ini adalah waktunya untuk field trip ke Bogasari. Sebelum berangkat, kami mempersiapkan bekal serta peralatan yang harus dibawa, dan berdoa bersama, supaya Tuhan menyertai perjalanan kami.

Saat tiba di Bogasari, kami disambut oleh Bapak Yuli sebagai cheff dan pemandu dalam acara kali ini. Sebelum memulai kegiatan kami dikenalkan dengan berbagai macam alat dan bahan yang akan digunakan beserta fungsinya. Di atas meja terdapat loyang untuk menaruh adonan tepung untuk membuat roti, gula halus supaya rotinya terasa manis, dan ada margarin supaya kue terasa gurih dan rasanya enak, dan pewarna makanan agar terdapat variasi warna di dalam kue yang kami buat nanti.

Waktu yang kami tunggu tiba, saatnya membuat kue. Pertama, kami harus mencuci tangan agar tangan bersih dari kuman, setelah bersih, kami diminta menuang semua bahan ke atas loyang besar, semua bahan dicampur menjadi satu menggunakan tangan kanan, aduk-aduk sampai rata. Wah, tangan serta jari kami sampai terlihat penuh dengan tepung dan pewarna, tetapi itu tidak membuat kami menjadi sedih, malah sebaliknya, kami menjadi sangat bersemangat untuk membuat kue. Setelah semua tercampur, tiba saatnya untuk mencetak, berbagai macam bentuk cetakan sudah disiapkan oleh Bapak Yuli sebagai pemandu field trip, ada cetakan berbentuk bulan, pohon cemara, bintang, dan masih banyak lagi, sebelum mulai mencetak, pertama adonan harus dijadikan satu dan dipipihkan supaya proses mencetaknya menjadi bagus dan rapi. Satu per satu kami cetak sampai semua adonan habis. Setalah adonan tercetak habis dan tertata rapi di atas loyang, saatnya untuk dimasukkan ke dalam oven, dan tunggu sampai matang.

Kami harus menunggu selama 30 menit untuk melihat kue yang kami buat tadi matang, dan terlihat cantik, senang sekali dapat melihat kue buatan kami sendiri matang di atas loyang. Wah, kue buatan kami sudah matang, Tetapi sebelum itu, kami menghias kue tersebut dengan topping gula berwarna – warni di atasnya. Sungguh menyenangkan sekali kami boleh berkreasi menghias cookies, dengan gula dan cream yang bisa dimakan dan rasanya manis. Ternyata, setelah diberi topping, kue buatan kami masih harus di-oven lagi supaya gulanya kering. Hore, akhirnya kue matang, dan boleh dibungkus untuk dibawa pulang dan akan kami tunjukkan ke orang tua, dan juga diperbolehkan, mencicipi kue yang sudah matang, hehe. Setelah dibungkus, kami semua bersiap untuk pulang, tidak lupa kami ucapkan, “Terima kasih Pak Yuli, Tuhan memberkati.”

boost the values reap the success