| |

Bagian-Bagian Rumah

IMG 20190917 082251

Tanggal 17 September 2019, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok B, belajar sentra balok bersama Pak Whisnu dengan tema “bagian – bagian rumah”. Pagi hari, sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan doa, bernyanyi Good Morning dan  Mars Petra.

 

Pagi itu, semua anak – anak tampak terkejut, ketika Pak Guru datang ke kelas membawa sebuah kotak besar yang berbentuk rumah. Tepat sekali, karena kami sedang belajar tentang tema “bagian – bagian rumah”, Pak Whisnu menyambut kami dengan bersemangat mengajak anak – anak untuk bernyanyi dan bergerak seiring dengan irama lagu. Waktu belajar pun dimulai, kami belajar tentang bagian – bagian rumah beserta fungsinya, di sana ada genteng, tembok, pintu, jendela, dan lantai, begitu juga dengan ruangan – ruangan yang ada di dalamnya, ada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga dan garasi. Setelah penjelasan dari Pak Whisnu selesai, saatnya kami untuk mengerjakan tugas yang diberikan, tugas yang diberikan tidak sulit, tetapi harus konsentrasi dan fokus untuk mengerjakannya, kegiatannya yaitu, membentuk rumah dari tanggram, menyusun balok huruf menjadi kata (r-u-m-a-h), dan puzzle bentuk gambar rumah.

Kegiatan pertama adalah menyusun tanggram menjadi bentuk rumah, kami harus dapat membedakan berbagai macam bentuk geometri, ada segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran. Melalui berbagai macam bentuk tersebut, kami harus bisa menyusunnya menjadi bentuk rumah, seperti yang telah dicontohkan, satu persatu dibimbing oleh Pak Guru, ada teman yang masih kebingungan dengan bentuk-bentuknya, tapi akhirnya dia berhasil meskipun masih dengan tuntunan, ada juga teman – teman yang tanpa bantuan dapat menyusun dengan baik. Kegiatan ke dua yaitu, menyusun balok huruf menjadi kata (r-u-m-a-h), pada bagian ini cukup banyak anak – anak yang membutuhkan bantuan, karena mereka ada yang belum hafal huruf, ada juga yang tidak menemukan salah satu huruf, karena kurang konsentrasi, padahal hurufnya sudah ada di dekatnya, tetapi pada akhirnya, dengan bimbingan teman – teman dapat menyelesaikan dengan baik. Kegiatan ketiga yaitu, menyusun puzzle bergambar rumah, pada bagian ini kami juga diharuskan untuk fokus mencari bagian – bagian yang sama untuk dapat disusun sehingga dapat menjadi satu-kesatuan dan membentuk puzzle bergambar rumah dengan tepat, tidak sedikit juga dari teman – teman kami yang mengalami kesulitan, untuk dapat menyelesaikannya juga membutuhkan tuntunan dari Pak Guru.

Yeay.. akhirnya kami dapat menyelesaikan kegiatan pada hari ini, pelajaran yang dapat kami ambil hari ini adalah belajar untuk fokus dan konsentrasi terhadap apa yang diajarkan oleh Ibu Guru maupun Pak Guru, sehingga apa yang disampaikan oleh Guru di sekolah dapat kami terima dan kami mengerti dengan baik, sehingga kami menjadi murid yang pandai.

boost the values reap the success