| |

Ayo, Rajin Gosok Gigi

Gigi_Sehat2_3.jpgGigi_sehat_5.jpgGigi_Sehat_TK_4.jpgGigi_Sehat_2_2.jpgGiGi_Sehat_1.jpg

Wah, drg. Sherly bawa gigi besar, untuk apa ya? Ternyata, hari ini, Kamis, 8 Oktober 2020 drg. Sherly Angeline Wijaya, dokter gigi di KB-TK Kristen Petra 11 mau memberikan penyuluhan kepada kami tentang cara merawat dan menyikat gigi yang benar. Agar gigi kita sehat, harus dirawat, salah satunya adalah dengan rajin menggosok  gigi, tetapi tidak asal sikat gigi ya, teman-teman, ada cara yang harus kita ikuti agar gigi kita sehat dan kuat.

Sebelum memberikan pengetahuan tentang pentingnya menggosok gigi dan simulasi cara menggosok gigi yang benar, drg. Sherly memutarkan sebuah video dengan judul “Ke Dokter Gigi”. Yuk, kita ikuti ceritanya.

Seperti biasa, setiap malam, Mombi dan Loli selalu menunggu ayahnya pulang dari kerja. Hore …, akhirnya, ayah datang. Wah … ayah membawa donat kesukaan Mombi dan Loli. “Terima kasih Ayah.” Mombi dan Loli langsung makan kue donat dengan lahapnya, “Nyam, nyam, mmm … enak!” Setelah makan kue donat, Mombi langsung ke kamar mandi untuk menggosok giginya. Dengan sukacita Mombi menyikat giginya sebelum tidur.  “Letakkan pasta gigi di atas sikat gigi, lalu, …. sok, gosok-gosok sampai bersih, mur, kumur-kumur, gigi sehat.”

Esok harinya, … o, o … ada yang sakit gigi. “Aduh, gigiku sakit …,” rengek Loli. Ternyata, tadi malam, setelah makan donat yang manis, Loli langsung pergi tidur, tidak menggosok giginya.  Sewaktu Loli tidur, monster (kuman) gigi langsung berpesta dalam mulut Loli, mereka menikmati sisa donat cokelat yang menempel di gigi dengan cara merusak dan membuat lubang di gigi Loli yang kotor. Ibu langsung mengajak Loli ke klinik dokter gigi. Awalnya, Loli menolak diperiksa oleh dokter gigi, Loli takut giginya dicabut. Tetapi, dengan sabar Ibu dokter memberikan penjelasan dan nasihat kepada Loli, kita harus rajin menggosok gigi setiap hari.

Setelah menonton video, drg. Sherly menjelaskan tentang pentingnya menggosok gigi dan bagaimana menyikat gigi yang benar, sambil mempraktikkannya dengan menggunakan  gigi peraga (gigi besar) hehehe … Pesan drg. Sherly, setiap orang harus mempunyai dan memakai sikat gigi sendiri, kita tidak boleh memakai sikat gigi papa/mama/kakak/adik. Sebelum menggosok gigi, sikat gigi harus dicuci dulu, lalu, beri odol, kumur-kumur dulu, tetapi airnya dibuang, jangan ditelan ya. Setelah itu, gosok gigi, dimulai dari menyikat gigi depan dengan posisi seperti menggigit, menyikatnya dengan cara diputar atau naik turun, demikian juga dengan gigi di bagian samping kiri dan kanan. Untuk gigi bagian dalam, buka mulut sikat gigi dengan gerakan maju mundur, lakukan untuk gigi atas dan bawah. Setelah semua gigi disikat, ternyata, lidah juga perlu disikat, teman-teman.  

Video kedua berjudul “Si Hitam” yang senang bermalas-malasan, suka makanan manis, dan malas menggosok gigi, akibatnya, giginya kotor dan rusak (berlubang).  Suatu hari Si Hitam diajak temannya bermain sandiwara, ia tampil dengan percaya diri dan jenaka, penonton senang dan memberikan pujian dengan penampilannya. Si Hitam tertawa gembira karena mendapat banyak pujian dan penghargaan. Tetapi, penonton menjadi kecewa ketika melihat Si Hitam tertawa karena tampak giginya kotor dan rusak. Akibatnya, penonton meninggalkan si Hitam. Ia menjadi sedih. Si Hitam menyadari keadaannya, lalu, ia pergi ke dokter gigi. Pak dokter menasihati Si Hitam agar merawat giginya dengan cara makan makanan yang menyehatkan dan rajin menggosok gigi. Si Hitam pulang dengan semangat, dan ia mulai melakukan nasihat dokter. Akhirnya, gigi si Hitam kembali bersih dan sehat. Dan, yang membuat Si Hitam bahagia, ia bisa kembali bermain drama serta mendapat penghargaan dari para penontonnya.

Teman-teman, siapa yang kurang rajin menggosok gigi? Kalau kalian tidak mau sakit gigi, harus rajin menggosok gigi, minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan (makan pagi) dan sebelum tidur (malam hari) dengan cara yang benar, ya. Dan, jangan lupa, makan makanan yang menyehatkan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan sebagainya. Yuk, rajin gosok gigi agar gigi sehat dan kuat.

boost the values reap the success