| |

Mengenal Pohon dan Buah Kelapa

Pada hari Kamis 21 November 2019, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok A, belajar sentra memasak bersama Pak Whisnu dengan tema “buah kelapa”. Pagi hari, seperti biasanya, sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan doa, bernyanyi Good Morning, serta  Mars Petra.

IMG_20191121_093735.jpgIMG_20191121_095440.jpgIMG_20191121_093102.jpgIMG_20191121_101006.jpgIMG_20191121_095455.jpgIMG-20191126-WA0084.jpgIMG_20191121_092855.jpgIMG-20191126-WA0104.jpgIMG_20191121_100313.jpgIMG-20191126-WA0065.jpg

Pagi itu, saat memasuki ruang kelas, anak – anak terlihat bersemangat. Ya, karena hari ini kita akan memasak. Menu sentra memasak hari ini adalah kelapa goreng, es kopyor sintetis, es kelapa muda, dan puding kelapa. Bu guru dan pak guru menyambut kami dengan bersemangat, mengajak anak – anak untuk mengenalkan bahan serta alat – alat yang akan digunakan untuk memasak hari ini. Bahan yang akan digunakan adalah, kelapa, puding, garam, tepung, es batu, sirup, air, dan alat yang digunakan adalah kompor, wajan penggorengan, mangkuk, dan sendok.

Setelah pengenalan bahan serta alat yang digunakan, kini saatnya untuk praktik memasak, dengan dibimbing oleh bapak dan ibu guru kami mulai membuat masakan untuk hari ini. Untuk membuat kelapa goreng, kami harus mencampur bahan – bahan terlebih dahulu, yaitu tepung, gula, garam, dan kelapa, semuanya harus sesuai takaran ya. Setelah itu, kami satu – persatu mengaduk adonan tersebut sampai tercampur semua. Begitu juga dengan puding kelapa, bahan – bahan dicampur dan satu –persatu anak belajar mengaduk dan menuang ke dalam cetakan puding yang sudah disiapkan, sekarang saatnya untuk memasak. Kali ini memasaknya harus didampingi oleh Bapak dan Ibu guru, karena sangat berbahaya, dengan hati – hati kami menuangnya ke dalam cetakan, dan setelah dituang, didiamkan terlebih dahulu supaya pudingnya memadat. Untuk kelapa goreng, kami memasaknya di dalam wajan berisi minyak panas, dengan sangat berhati – hati kami mencoba memasukkan adonan tersebut ke dalam wajan untuk digoreng, dan tunggu sampai matang.

Karena tadi sudah membuat makanan, kini saatnya membuat minumannya, yang pertama adalah es kelapa muda, sebelum mencampurnya, terlebih dahulu harus mengambil daging buah kelapa dengan alat serut, satu –persatu anak mencoba mengambil daging buah kelapa, harus dengan hati – hati supaya alatnya tidak menggores tangan kita, setelah itu, campur daging kelapa dengan air kelapa, lalu masukkan sirup, es, serta tambahkan air, aduk terus sampai semua bahan tercampur rata dan rasanya manis. Tunggu dulu, masih ada satu lagi, yaitu es kopyor imitasi, satu – persatu anak mencoba mencampur bahan yaitu bubuk puding, santan, dan dimasak ke dalam panci, tunggu sampai mendidih, selanjutnya   tuang ke dalam tempat yang sudah disediakan, yang di dalamnya berisi es batu, supaya adonan santan yang sudah dimasak, membeku dan membentuk seperti daging kelapa kopyor.

Yee, akhirnya saat yang kami tunggu tiba, yaitu mencicipi hasil buatan kami sendiri, yaitu es kopyor, es kelapa muda, puding kelapa, dan kelapa goreng. Sungguh sangat menyenangkan pengalaman memasak hari ini, dengan begini aku jadi tahu cara memasak, meskipun itu masih sederhana. Terima kasih Tuhan, juga Bapak dan Ibu guru yang telah memberikan pengalaman berharga bagi kami hari ini.

Belajar membuat cookies

Selamat pagi teman – teman, kali ini kami keluarga besar KB-TK Kristen Petra 11, mengadakan  field trip ke Bogasari, yang diadakan pada tanggal 23 Oktober 2019. Mau tahu bagaimana keseruan kami dalam proses membuat kue? Yuk simak cerita kami.

Pagi itu, anak – anak datang ke sekolah dengan wajah gembiranya, karena mereka tahu, bahwa hari ini adalah waktunya untuk field trip ke Bogasari. Sebelum berangkat, kami mempersiapkan bekal serta peralatan yang harus dibawa, dan berdoa bersama, supaya Tuhan menyertai perjalanan kami.

Saat tiba di Bogasari, kami disambut oleh Bapak Yuli sebagai cheff dan pemandu dalam acara kali ini. Sebelum memulai kegiatan kami dikenalkan dengan berbagai macam alat dan bahan yang akan digunakan beserta fungsinya. Di atas meja terdapat loyang untuk menaruh adonan tepung untuk membuat roti, gula halus supaya rotinya terasa manis, dan ada margarin supaya kue terasa gurih dan rasanya enak, dan pewarna makanan agar terdapat variasi warna di dalam kue yang kami buat nanti.

Steam food

IMG-20191024-WA0025.jpgIMG-20191024-WA0024.jpgIMG-20191024-WA0012.jpgIMG-20191024-WA0018.jpgIMG-20191024-WA0020_1.jpg20191018_084328.jpg20191018_084223.jpgIMG-20191024-WA0022.jpg

Hari ini tanggal 18 Oktober 2019, anak – anak KB - TK Kristen Petra 11, masuk sekolah dengan bergembira, sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan doa, bernyanyi Good Morning dan Mars Petra.

Ada yang spesial pada hari ini, selain pembelajaran sentra ada kegiatan lain yang kami ikuti yaitu makan makanan steam food. Apakah teman – teman tahu, apa itu makanan steam food? Makanan steam food adalah makanan yang direbus atau dikukus cara masaknya, bukan digoreng. Kali ini, makanan steam food kami adalah kacang hijau roti tawar, yaitu bubur kacang hijau yang dinikmati bersama roti tawar.

 Wow, sepertinya enak, anak – anak terlihat bersemangat dan sudah tidak sabar untuk mencicipi menu steam food pada hari itu. Sebelum makan kegiatan diawali dengan doa dan mencuci tangan supaya tangan kita bersih dan terbebas dari kuman.

Bagian-Bagian Rumah

IMG 20190917 082251

Tanggal 17 September 2019, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok B, belajar sentra balok bersama Pak Whisnu dengan tema “bagian – bagian rumah”. Pagi hari, sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan doa, bernyanyi Good Morning dan  Mars Petra.

 

Pagi itu, semua anak – anak tampak terkejut, ketika Pak Guru datang ke kelas membawa sebuah kotak besar yang berbentuk rumah. Tepat sekali, karena kami sedang belajar tentang tema “bagian – bagian rumah”, Pak Whisnu menyambut kami dengan bersemangat mengajak anak – anak untuk bernyanyi dan bergerak seiring dengan irama lagu. Waktu belajar pun dimulai, kami belajar tentang bagian – bagian rumah beserta fungsinya, di sana ada genteng, tembok, pintu, jendela, dan lantai, begitu juga dengan ruangan – ruangan yang ada di dalamnya, ada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga dan garasi. Setelah penjelasan dari Pak Whisnu selesai, saatnya kami untuk mengerjakan tugas yang diberikan, tugas yang diberikan tidak sulit, tetapi harus konsentrasi dan fokus untuk mengerjakannya, kegiatannya yaitu, membentuk rumah dari tanggram, menyusun balok huruf menjadi kata (r-u-m-a-h), dan puzzle bentuk gambar rumah.

Kegiatan pertama adalah menyusun tanggram menjadi bentuk rumah, kami harus dapat membedakan berbagai macam bentuk geometri, ada segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran. Melalui berbagai macam bentuk tersebut, kami harus bisa menyusunnya menjadi bentuk rumah, seperti yang telah dicontohkan, satu persatu dibimbing oleh Pak Guru, ada teman yang masih kebingungan dengan bentuk-bentuknya, tapi akhirnya dia berhasil meskipun masih dengan tuntunan, ada juga teman – teman yang tanpa bantuan dapat menyusun dengan baik. Kegiatan ke dua yaitu, menyusun balok huruf menjadi kata (r-u-m-a-h), pada bagian ini cukup banyak anak – anak yang membutuhkan bantuan, karena mereka ada yang belum hafal huruf, ada juga yang tidak menemukan salah satu huruf, karena kurang konsentrasi, padahal hurufnya sudah ada di dekatnya, tetapi pada akhirnya, dengan bimbingan teman – teman dapat menyelesaikan dengan baik. Kegiatan ketiga yaitu, menyusun puzzle bergambar rumah, pada bagian ini kami juga diharuskan untuk fokus mencari bagian – bagian yang sama untuk dapat disusun sehingga dapat menjadi satu-kesatuan dan membentuk puzzle bergambar rumah dengan tepat, tidak sedikit juga dari teman – teman kami yang mengalami kesulitan, untuk dapat menyelesaikannya juga membutuhkan tuntunan dari Pak Guru.

Yeay.. akhirnya kami dapat menyelesaikan kegiatan pada hari ini, pelajaran yang dapat kami ambil hari ini adalah belajar untuk fokus dan konsentrasi terhadap apa yang diajarkan oleh Ibu Guru maupun Pak Guru, sehingga apa yang disampaikan oleh Guru di sekolah dapat kami terima dan kami mengerti dengan baik, sehingga kami menjadi murid yang pandai.

Rumah bersih, sekolahku bersih

 IMG 20190912 093454

Tanggal 12 September 2019, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok A, belajar sentra balok bersama Pak Whisnu dengan tema “alat – alat kebersihan”. Pagi itu, anak – anak belajar bersama Pak Whisnu, di sentra balok, dengan tema “alat-alat kebersihan”. Anak – anak terlihat antusias sekali  melihat macam – macam gambar alat – alat kebersihan yang ditunjukkan oleh Pak Guru, di antaranya adalah, sapu, cikrak, tong sampah, dan kemocing. Kami belajar dengan Pak Whisnu tentang perbedaan bentuk dan perbedaan fungsi dari masing – masing alat kebersihan, mulai dari sapu kami belajar tentang kegunaannya untuk membersihkan kotoran yang ada di lantai, kemudian disapu dan di tampung ke dalam cikrak, dan baru dimasukkan ke dalam tong sampah, fungsi dari tong sampah adalah untuk menampung sampah, serta kemocing yang berfungsi untuk membersihkan segala macam peralatan atau perabot rumah dari debu. Ohh tidak terbayang kan jika di rumah terdapat banyak debu, pasti kita akan batuk – batuk.

IMG 20190912 093446 IMG 20190912 093520

Setelah dijelaskan tentang berbagai macam alat kebersihan, akhirnya kami memulai kegiatan, kegiatan pertama yaitu, membentuk balok menjadi bentuk alat kebersihan, kami bebas memilih, ada sapu, tempat sampah, kemocing, dan cikrak, kami harus menyusun satu – per satu balok sampai membentuk alat – alat kebersihan sesuai yang dicontohkan oleh Pak Guru. Kegiatan kedua adalah, bermain puzzle gambar tong sampah. Untuk menyelesaikan ini, kami harus berkonsentrasi mencari bagian – bagian yang sama untuk disusun, banyak teman kami yang dituntun oleh Pak Guru dan Ibu Guru yang ada di kelas, dengan tuntunan tersebut, akhirnya, mereka berhasil menyelesaikannya. Kegiatan ketiga yaitu, menyusun lidi membentuk alat kebersihan, boleh menyusun bentuk sapu, atau tong sampah, sesuka hati. Di awal kegiatan, anak – anak terlihat kebingungan karena harus mencontoh sesuai apa yang di buat oleh guru, tetapi akhirnya mereka bias, dan hasil karya mereka tidak jauh bagus dengan yang telah dicontohkan oleh Guru di kelas.
IMG 20190912 093527 IMG 20190912 094336
IMG 20190912 093636 IMG 20190912 093740
IMG 20190912 093946 IMG 20190912 100252

Yeaay..Akhirnya tiba saatnya untuk doa pulang, apa yang telah kami pelajari hari ini, sungguh sangat bermanfaat, kami akan terus belajar sehingga menjadi anak yang pandai dan mempraktikkan hasil belajar kami di rumah.   

boost the values reap the success