| |

Back to School 2020/2021

IMG 20200717 110359

Hai …. Hallo. Apa kabar, teman-teman serta Ibu dan Bapak Guru. Sekarang, waktunya kita kembali sekolah (back to school). Hore ….. Tetapi, awal tahun ajaran yang baru ini, tahun ajaran 2020/2021 berbeda dengan tahun ajaran yang lalu, tahun ajaran 2019/2020, karena, kami, juga teman-teman belum bisa belajar di sekolah, kami tidak boleh ke sekolah dan tetap harus belajar dari rumah, masih dengan cara pembelajaran daring. Mengapa ya? Karena pandemi virus corona/covid 19 belum berakhir. Sedih ya, namun, kami tetap senang dan bersyukur masih bisa sekolah lagi, meskipun masih harus belajar #dirumah_saja dan bertemu dengan Ibu dan Bapak Guru serta teman-teman lewat media zoom.

Awal tahun ajaran 2020/2021 ini, di sekolah kami, KB-TK Kristen Petra 11 diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan dari hari Senin, Rabu, dan Jumat untuk kami, anak KB B, sedangkan Senin–Jumat untuk anak TK A dan TK B, dari tanggal 13-17 Juli 2020. Apa saja ya kegiatannya? Ikuti pengalaman kami, ya, teman-teman.

Hari pertama MPLS, kegiatannya adalah, temu kangen dan bertegur sapa dengan teman-teman serta Ibu dan Bapak Guru, juga dengan mama/papa yang mendampingi kami mengikuti zoom. Wah, ada yang tambah bundar pipinya, ada yang malu-malu, ada juga yang semangat, ada yang duduk sendiri mengikuti kegiatan, he,he,he …. Hebat ya. Senang sekali bisa bertemu lagi, meskipun melalui media zoom.

Setelah bertegur sapa, acara MPLS setiap hari, selama lima hari dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu “Hello how are you”, lalu, acara perkenalan: mengenal Ibu dan Bapak Guru yang akan mengajar dan mendampingi kami belajar. Meskipun lewat video, kami senang bisa bertemu kembali dengan guru-guru kami. Selain itu, ada materi perkenalan, berkenalan dengan guru, ternyata, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah KB-TK Kristen Petra 11 baru, yaitu, Ibu Eny Wahyurini, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah dan Ibu Rini Puspitawati, S.S., sebagai Wakil Kepala Sekolah kami. Hari berikutnya, sampai hari terakhir, kami berkenalan dengan teman-teman sekelas, petugas yang membantu kami selama belajar di sekolah, seperti petugas tata usaha, pesuruh, dan satpam. Hari selanjutnya, kami mengenal lingkungan sekolah (ruang atau tempat kami belajar dan beraktivitas), terakhir adalah, mengenal tata tertib di sekolah, tata tertib ketika kami belajar secara daring, lewat zoom. Meskipun tidak belajar di sekolah, kita tetap harus rapi, pakai seragam sesuai jadwal hari sekolah, duduk dengan sopan, mengerjakan tugas dari guru, dan sebagainya. Kegiatan MPLS di hari terakhir diawali dengan kegiatan ibadah awal tahun ajaran 2020/2021.

Kegiatan akhir MPLS setiap hari adalah, kegiatan yang kami tunggu-tunggu, yaitu membuat kreativitas, hore … Apa  saja ya, kreativitas yang kami buat? Kreativitas anak KB B adalah: menempel mata, kancing, dan pita pada gambar anak (untuk anak putri ), menempel sabuk pada gambar anak (untuk anak putra), membuat monyet, dan, hari terakhir, membuat dakocan. Kreativitas anak TK A yaitu: membuat orang-orangan dari kertas lipat, dino, muka gajah, landak, dan burung. Sedangkan kreativitas anak TK B adalah, membuat dasi “I love school”, kupu-kupu, bebek dari kain flannel, tempat pensil, dan membuat monyet. Wah, senangnya kami, bisa membuat hasil karya sendiri, meskipun hasilnya ada yang kurang sempurna, tidak masalah, yang penting, kami sudah berusaha, mau belajar dan berusaha. Ketika ada kesulitan, papa/mama/kakak pasti menolong kami. Teman-teman, jangan menyerah ya, kalau kita mau berusaha, kita pasti bisa! Ketika ada kesulitan, jangan patah semangat, Tuhan akan menolong kita melalui orang-orang yang mengasihi kita, seperti mama dan papa ataupun ibu dan bapak guru

Nah, teman-teman, itulah pengalaman kami dalam mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Mari teman-teman, kita tetap semangat mengikuti kegiatan pembelajaran, supaya kita bertambah pandai, tetap jaga kesehatan dengan cara makan makanan yang sehat, rajin cuci tangan supaya tidak kemasukan virus/kuman, kalau terpaksa harus keluar dari rumah, pakailah masker dan face shield, itu pesan Ibu guru kami. Sampai jumpa lagi dalam kegiatan kami yang lain, teman-teman. Tuhan memberkati.

 

boost the values reap the success