| |

 Berbeda itu baik

IMG-20190219-WA0076.jpgIMG-20190219-WA0065.jpgIMG-20190219-WA0093.jpg

Demikanlah judul dari kegiatan PKK pada hari Jumat, 15 Februari 2019, yang dilaksanakan oleh anak-anak TK A-TK B. Ada 4 kegiatan yang kami ikuti yaitu, pertama estafet memasang gambar pelangi, didalam pelaksanaannya sebelum menyusun kami harus mengucapkan salam good morning, baru setelah itu kami bersama- sama menyusun gambar pelangi, di situ kami belajar tentang pentingnya bekerja sama dalam kelompok karena jika dalam kelompok tersebut kami tidak dapat bekerja sama dengan baik maka gambar pelangi tersebut tidak akan dapat terselesaiakan.

Yang kedua yaitu memasang puzzle, kami harus memasang puzzle dengan benar sesuai gambar yang sudah disediakan didalam kegiatan ini kami juga belajar untuk bekerja sama dan yang paling penting adalah teliti, karena dalam menyusun potongan – potongan puzzle tidak boleh sembarangan karena jika tidak sesuai, tidak akan jadi dan akan memerlukan waktu yang sangat lama.

Kegiatan yang ketiga adalah estafet mewarnai pelangi, kegiatan ini adalah sambungan dari kegiatan yang pertama setelah ditempel, maka pelangi tadi diwarnai sesuai contoh yang ada, di kegiatan ini kami belajar taat terhadap aturan yang telah dibuat dan belajar tentang macam – macam warna yang terdapat pada sebuah pelangi.

Kegiatan yang keempat yaitu “Miss berkata”, permainan ini hampir sama dengan permainan “Simon berkata”, didalam kegiatan ini kami di latih untuk konsentrasi mendengarkan apa yang diperintahkan oleh Bu Guru, jika ada salah satu yang salah berarti dia kurang berkonsentrasi mendengarkan perintah Bu Guru.

Selain kegiatan permainan, ada juga penyampaian materi oleh Bu Guru, dengan tema “Berbeda itu baik”,  kami diajarkan untuk mampu menjadi sahabat, mengenali keberagaman dalam hidup. Contoh penerapan yang paling sederhana dalam kehidupan sehari – hari adalah, perbedaan besar dan kecilnya badan satu anak dengan yang lain, perbedaan suku, agama, selain itu jenis rambut, ada yang keriting dan ada yang lurus, dan juga perbedaan warna kulit, ada yang putih, dan ada yang cokelat atau sawo matang.

Berada di sekitar teman - teman yang memiliki latar belakang berbeda justru akan menumbuhkan sikap menghormati dan saling menghargai. Tetapi terkadang juga ada teman kami yang meledek temannya sendiri hanya karena dia gendut, itu hal yang tidak baik yaaa, jadi jangan ditiru, karena kita diajari untuk saling menghormati perbedaan

Bukankah Tuhan menciptakan kita berbeda - beda untuk bisa hidup saling berdampingan?, Seperti pelangi yang terdiri dari bermacam – macam warna, tampak indah menghias langit biru. Wow... Berbeda itu indah, berbeda itu baik. Menghargai perbedaan, berarti menghargai Tuhan Sang Pencipta.

boost the values reap the success