| |

Cita-Citaku

Hari Jumat, 22 November 2019, kami TK Kristen Petra 11 kelompok A dan kelompok B, mengikuti kegiatan  PKK dengan tema “cita – citaku”. Semua anak TK kelompok A dan B, pagi itu, berangkat ke sekolah mengenakan pakaian profesi sesuai dengan cita – cita mereka. Masing – masing anak memiliki cita – cita, ada yang ingin menjadi dokter bedah, petugas pemadam kebakaran, polisi, pilot, pramugari, bahkan ada juga yang mau menjadi  koki. Yuk, kita ikuti kegiatannya hari ini.

IMG_20191122_075547.jpgIMG_20191122_100636.jpgIMG_20191122_100947.jpgIMG_20191122_091134.jpgIMG_20191122_104058.jpgIMG_20191122_092710.jpgP_20191122_095016.jpg

Dalam acara ini semua anak bersemangat, karena mereka datang dengan kostum yang beraneka ragam. Sebelum acara dimulai, dibuka dengan doa dan bernyanyi lagu “cita – cita”. Tiba waktunya acara dimulai, yang maju pertama kali adalah anak – anak dari kelompok B, dengan wajah gembira dan manis, mereka berjalan di atas panggung dan bergaya selayaknya model, teman – teman yang lain selalu memberi semangat agar dapat mempersembahkan yang terbaik, dengan semangat anak – anak kelompok B menunjukkan gayanya di atas panggung dan menjelaskan cita – cita mereka, “Kalau sudah besar, aku ingin menjadi dokter, supaya bisa menyembuhkan orang yang sakit”. Begitu juga dengan kelompok A, dengan gaya yang lucu, mereka menunjukkan kepercayaan dirinya di atas panggung, seakan tidak mau kalah dengan kakak mereka dari kelompok B, satu – persatu maju menunjukkan keberaniannya dan menjelaskan kepada teman – teman tentang cita – citanya. Karena terlalu bersemangat, anak yang mengenakan kostum dokter bedah, saat menjelaskan cita – citanya, dia berbicara ingin menjadi seorang polisi, tetentu tidak sesuai dengan kostum yang dikenakannya, sontak membuat para guru dan teman – teman tertawa, merasa terhibur dengan tingkah polos dan lucunya anak tersebut. Sebelum acara berakhir, ada penampilan dari adik –adik KB B yang membawakan lagu “Yesus sayang semua”, anak – anak Kelompok B membawakan lagu “Jasa guru”, juga anak – anak kelompok A membawakan lagu “Haleluya praise the Lord”. Di akhir acara, anak – anak mendapat sebuah kalung yang bertuliskan “my dream” yang menandakan bahwa yang telah aku tampilkan ini adalah cita – citaku. Supaya cita – cita tersebut dapat tercapai, aku harus berusaha keras, giat belajar dan berdoa, supaya Tuhan selalu memberkati apa yang kami cita - citakan. Doakan saya ya teman – teman. Sampai jumpa.  

 Berbeda itu baik

IMG-20190219-WA0076.jpgIMG-20190219-WA0065.jpgIMG-20190219-WA0093.jpg

Demikanlah judul dari kegiatan PKK pada hari Jumat, 15 Februari 2019, yang dilaksanakan oleh anak-anak TK A-TK B. Ada 4 kegiatan yang kami ikuti yaitu, pertama estafet memasang gambar pelangi, didalam pelaksanaannya sebelum menyusun kami harus mengucapkan salam good morning, baru setelah itu kami bersama- sama menyusun gambar pelangi, di situ kami belajar tentang pentingnya bekerja sama dalam kelompok karena jika dalam kelompok tersebut kami tidak dapat bekerja sama dengan baik maka gambar pelangi tersebut tidak akan dapat terselesaiakan.

Yang kedua yaitu memasang puzzle, kami harus memasang puzzle dengan benar sesuai gambar yang sudah disediakan didalam kegiatan ini kami juga belajar untuk bekerja sama dan yang paling penting adalah teliti, karena dalam menyusun potongan – potongan puzzle tidak boleh sembarangan karena jika tidak sesuai, tidak akan jadi dan akan memerlukan waktu yang sangat lama.

Kegiatan yang ketiga adalah estafet mewarnai pelangi, kegiatan ini adalah sambungan dari kegiatan yang pertama setelah ditempel, maka pelangi tadi diwarnai sesuai contoh yang ada, di kegiatan ini kami belajar taat terhadap aturan yang telah dibuat dan belajar tentang macam – macam warna yang terdapat pada sebuah pelangi.

Kegiatan yang keempat yaitu “Miss berkata”, permainan ini hampir sama dengan permainan “Simon berkata”, didalam kegiatan ini kami di latih untuk konsentrasi mendengarkan apa yang diperintahkan oleh Bu Guru, jika ada salah satu yang salah berarti dia kurang berkonsentrasi mendengarkan perintah Bu Guru.

Selain kegiatan permainan, ada juga penyampaian materi oleh Bu Guru, dengan tema “Berbeda itu baik”,  kami diajarkan untuk mampu menjadi sahabat, mengenali keberagaman dalam hidup. Contoh penerapan yang paling sederhana dalam kehidupan sehari – hari adalah, perbedaan besar dan kecilnya badan satu anak dengan yang lain, perbedaan suku, agama, selain itu jenis rambut, ada yang keriting dan ada yang lurus, dan juga perbedaan warna kulit, ada yang putih, dan ada yang cokelat atau sawo matang.

Berada di sekitar teman - teman yang memiliki latar belakang berbeda justru akan menumbuhkan sikap menghormati dan saling menghargai. Tetapi terkadang juga ada teman kami yang meledek temannya sendiri hanya karena dia gendut, itu hal yang tidak baik yaaa, jadi jangan ditiru, karena kita diajari untuk saling menghormati perbedaan

Bukankah Tuhan menciptakan kita berbeda - beda untuk bisa hidup saling berdampingan?, Seperti pelangi yang terdiri dari bermacam – macam warna, tampak indah menghias langit biru. Wow... Berbeda itu indah, berbeda itu baik. Menghargai perbedaan, berarti menghargai Tuhan Sang Pencipta.

Memuji Kelebihan Teman

memuji_kelebihan_teman_02.jpgmemuji_kelebihan_teman_01.jpgmemuji_kelebihan_teman_03.jpg

Hari jumat, 17 Desember 2015 kita siswa TK-A mengikuti kegiatan PKK. Pada kegiatan PKK kali ini, kami mendengarkan cerita yang disampaikan oleh ibu guru kami. Tema dari cerita itu adalah memuji kelebihan teman. Ceritanya sangat menarik lhooo! Karena ceritanya dikemas dalam bentuk pewayangan.

Diakhir kegiatan, kita diajak untuk belajar membuat kartu yang bertuliskan “Proud of You” yang artinya menghargai kelebihan teman. Sehingga melalui kegiatan ini, kita dapat senantiasa memuji apapun kelebihan dari teman kita.

Give The Best for Others

Jumat, 29 Mei 2015. siswa KB-B dan TK-A Kristen Petra 11 melaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani dengan tema ”Give The Best for Others”. Kegiatan ini melibatkan orang tua murid. Mereka tampak senang sekali karena masing-masing siswa menunjukkan kebolehannya dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh orang tua kepada mereka.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat melakukan dan memberikan yang terbaik bagi orang tua mereka. Hal ini tampak sekali ketika mereka bekerja sama dalam membuat kue bola-bola coklat. Mereka terlihat kompak dalam bekerjasama. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menggembirakan. Sebab di usia mereka yang masih kecil mereka sudah mampu melakukan tugas yang diberi orang tua dengan baik. Contohnya ketika salah satu orang tua meminta putranya untuk mengambilkan meses maka sang anak pun dengan sigap segera mengambil benda tersebut. Hebat.... sekali !

give1.gifgive3.gifgive6.gifgive4.gifgive5.gifgive2.gifgive8.gifgive7.gif

Thanks for Being My Parents

Kamis, 19 Juni 2014 siswa TK-A Kristen Petra 11 melaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani (PKK). Kegiatan PKK kali ini mengangkat tema “Mengasihi Orang tua”. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang bermain TK Kristen Petra 11. Tujuan dari proyek ini adalah agar orang tua dapat merasakan perasaan cinta kasih dari putra-putri mereka melalui beberapa atraksi yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Misalnya, sosiodrama, menyanyi,serta membaca puisi. Bahkan tidak hanya itu. Sebagai upaya untuk mewujudkan perasaan cinta tersebut, maka diadakan juga kegiatan yang membutuhkan kerja sama orang tua dan anak yaitu “Menghias Pigura".

thx3.jpgthx1.jpgthx2.jpg

Ketika acara “Menghias Pigura” berlangsung, setiap siswa dengan didampingi oleh para orang tua terlihat sangat gembira. Mereka masing-masing terlihat akrab bahkan memperlihatkan kerja sama yang penuh cinta dan kasih sayang. Sungguh luar biasa..

boost the values reap the success