| |

Kebaktian Awal Tahun Ajaran Baru

IMG 20200720 WA0028

Salah satu kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di KB-TK Kristen Petra 11 pada hari terakhir, Jumat, 17 Juli 2020 adalah Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021. Sebelum mendengarkan firman Tuhan, kami bersama memuji nama Tuhan, “Dari terbit matahari sampai pada masuknya, biarlah nama Tuhan dipuji …” Ya, kita patut memuji nama Tuhan sepanjang hari, mulai dari pagi hari, ketika kita bangun tidur sampai malam hari, karena Tuhan mengasihi kita. Kita perlu bersyukur atas kasih Tuhan, berkat-berkat Tuhan, termasuk bersyukur karena kita masih bisa sekolah.

“Bisa nggak ya, sekolah, tetapi di rumah? Pasti bisa! Mengapa bisa? Karena Tuhan yang akan menolong kita.” Itulah sebagian dari pesan dari pelayan firman di awal pertemuan, sebelum menyampaikan firman Tuhan. Tema firman Tuhan-nya adalah, “Pasti Bisa Karena Tuhan” yang disampaikan oleh Ibu Hana Yulianik, S,Th.,  dari kitab Yesaya 40:31b, ”… tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru.” Apa ya, artinya? Artinya,  Tuhan pasti akan menyertai setiap kita, supaya kita bisa menjadi orang yang hebat, menjadi anak yang “pasti bisa!” melakukan hal-hal yang baik. Ibu Hana bercerita tentang seorang tokoh di Alkitab, yaitu Raja Yoas yang disertai oleh Tuhan sejak ia masih bayi sampai menjadi raja. Pada waktu masih bayi, Yoas anak yang penurut/taat, mau mendengar  pada ajaran-ajaran dari Imam Yoyada yang mendidiknya. Yoas menghadapi masalah, ia akan dibunuh oleh nenek Atalya, Tuhan menolong dan menyelamatkan Yoas melalui Ibu Yoseba.

Apakah kita bisa seperti Raja Yoas? Pasti bisa, karena ada Tuhan yang siap menolong kita! Asal, kita taat seperti Raja Yoas, menurut nasihat mama, papa, dan ibu serta bapak guru. Seperti saat ini, masalah kita adalah harus tinggal di rumah, belajar di rumah, kita harus menurut dan taat pada mama dan papa, serta ibu dan bapak guru yang mengajar kita melalui zoom. Karena itu, jangan menyerah, ya teman-teman. Ingat pesan firman Tuhan, ”… tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru.” (Yesaya 40:31b). Tuhan memberkati.

Back to School 2020/2021

IMG 20200717 110359

Hai …. Hallo. Apa kabar, teman-teman serta Ibu dan Bapak Guru. Sekarang, waktunya kita kembali sekolah (back to school). Hore ….. Tetapi, awal tahun ajaran yang baru ini, tahun ajaran 2020/2021 berbeda dengan tahun ajaran yang lalu, tahun ajaran 2019/2020, karena, kami, juga teman-teman belum bisa belajar di sekolah, kami tidak boleh ke sekolah dan tetap harus belajar dari rumah, masih dengan cara pembelajaran daring. Mengapa ya? Karena pandemi virus corona/covid 19 belum berakhir. Sedih ya, namun, kami tetap senang dan bersyukur masih bisa sekolah lagi, meskipun masih harus belajar #dirumah_saja dan bertemu dengan Ibu dan Bapak Guru serta teman-teman lewat media zoom.

Awal tahun ajaran 2020/2021 ini, di sekolah kami, KB-TK Kristen Petra 11 diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan dari hari Senin, Rabu, dan Jumat untuk kami, anak KB B, sedangkan Senin–Jumat untuk anak TK A dan TK B, dari tanggal 13-17 Juli 2020. Apa saja ya kegiatannya? Ikuti pengalaman kami, ya, teman-teman.

Hari pertama MPLS, kegiatannya adalah, temu kangen dan bertegur sapa dengan teman-teman serta Ibu dan Bapak Guru, juga dengan mama/papa yang mendampingi kami mengikuti zoom. Wah, ada yang tambah bundar pipinya, ada yang malu-malu, ada juga yang semangat, ada yang duduk sendiri mengikuti kegiatan, he,he,he …. Hebat ya. Senang sekali bisa bertemu lagi, meskipun melalui media zoom.

Setelah bertegur sapa, acara MPLS setiap hari, selama lima hari dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu “Hello how are you”, lalu, acara perkenalan: mengenal Ibu dan Bapak Guru yang akan mengajar dan mendampingi kami belajar. Meskipun lewat video, kami senang bisa bertemu kembali dengan guru-guru kami. Selain itu, ada materi perkenalan, berkenalan dengan guru, ternyata, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah KB-TK Kristen Petra 11 baru, yaitu, Ibu Eny Wahyurini, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah dan Ibu Rini Puspitawati, S.S., sebagai Wakil Kepala Sekolah kami. Hari berikutnya, sampai hari terakhir, kami berkenalan dengan teman-teman sekelas, petugas yang membantu kami selama belajar di sekolah, seperti petugas tata usaha, pesuruh, dan satpam. Hari selanjutnya, kami mengenal lingkungan sekolah (ruang atau tempat kami belajar dan beraktivitas), terakhir adalah, mengenal tata tertib di sekolah, tata tertib ketika kami belajar secara daring, lewat zoom. Meskipun tidak belajar di sekolah, kita tetap harus rapi, pakai seragam sesuai jadwal hari sekolah, duduk dengan sopan, mengerjakan tugas dari guru, dan sebagainya. Kegiatan MPLS di hari terakhir diawali dengan kegiatan ibadah awal tahun ajaran 2020/2021.

Kegiatan akhir MPLS setiap hari adalah, kegiatan yang kami tunggu-tunggu, yaitu membuat kreativitas, hore … Apa  saja ya, kreativitas yang kami buat? Kreativitas anak KB B adalah: menempel mata, kancing, dan pita pada gambar anak (untuk anak putri ), menempel sabuk pada gambar anak (untuk anak putra), membuat monyet, dan, hari terakhir, membuat dakocan. Kreativitas anak TK A yaitu: membuat orang-orangan dari kertas lipat, dino, muka gajah, landak, dan burung. Sedangkan kreativitas anak TK B adalah, membuat dasi “I love school”, kupu-kupu, bebek dari kain flannel, tempat pensil, dan membuat monyet. Wah, senangnya kami, bisa membuat hasil karya sendiri, meskipun hasilnya ada yang kurang sempurna, tidak masalah, yang penting, kami sudah berusaha, mau belajar dan berusaha. Ketika ada kesulitan, papa/mama/kakak pasti menolong kami. Teman-teman, jangan menyerah ya, kalau kita mau berusaha, kita pasti bisa! Ketika ada kesulitan, jangan patah semangat, Tuhan akan menolong kita melalui orang-orang yang mengasihi kita, seperti mama dan papa ataupun ibu dan bapak guru

Nah, teman-teman, itulah pengalaman kami dalam mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Mari teman-teman, kita tetap semangat mengikuti kegiatan pembelajaran, supaya kita bertambah pandai, tetap jaga kesehatan dengan cara makan makanan yang sehat, rajin cuci tangan supaya tidak kemasukan virus/kuman, kalau terpaksa harus keluar dari rumah, pakailah masker dan face shield, itu pesan Ibu guru kami. Sampai jumpa lagi dalam kegiatan kami yang lain, teman-teman. Tuhan memberkati.

 

Membangun Kebersamaan

Demikianlah salam yang kami ucapkan kepada teman – teman kami saat  kegiatan akhir tahun ajaran 2019/2020, dengan acara: ibadah, akhir tahun, dan graduation. Kamis, 18 Juni 2020, kami keluarga besar KB – TK Kristen Petra 11 melaksanakan virtual graduation, melalui video teleconference. Penasaran bagaiamana keseruannya, yuk, ikuti kami.

IMG-20200618-WA0024.jpgIMG-20200618-WA0019.jpgIMG-20200618-WA0034.jpgIMG-20200618-WA0020.jpgIMG-20200618-WA0035.jpgIMG-20200618-WA0032.jpg

Pagi itu, Bapak dan Ibu Guru dengan senyum semangat dan gembira menyapa kami, setelah sekian lama tidak berjumpa secara langsung, sampai pada akhirnya acara perpisahan diselenggarakan.

Acara pertama diawali dengan, menonton video kegiatan kami selama belajar di sekolah, dilanjutkan doa dan renungan, kemudian mendengarkan sambutan dari Kepala sekolah TK Kristen Petra 11, Ibu Regina. Dalam sambutan tersebut, Ibu Regina berpesan kepada anak – anak untuk tetap semangat belajar guna memasuki jenjang kelas yang lebih tinggi. Acara berikutnya adalah tampilan video dance anak – anak KB A – TK B bersama orang tua, mereka menari dengan lincah sesuai lagu yang ditentukan, ada juga pesan kesan dari perwakilan orang tua murid, setelah itu ada perwakilan anak – anak untuk menyapa teman – teman, memberikan semangat, dan terakhir ada ucapan sukacita yang telah dipersiapkan oleh anak – anak.

Meskipun dengan penuh keterbatasan dan bertemu melalui media video dan zoom, teapi kami tetap bersyukur atas berkat yang Tuhan berikan, sehingga kami dapat naik kelas, untuk melanjutkan ke jenjang kelas yang lebih tinggi. Bapak dan Ibu Guru, serta anak – anak terlihat begitu antusias dan bahagia, berjumpa dengan teman - teman di akhir semester ini, tetap samangat untuk teman – temanku semua ya. Tuhan Yesus memberkati.

Semangat Paskah selalu di dalam hati kita

Hallo teman – teman, bagaimana kabarnya? Semoga kita tetap dalam lindungan Tuhan. Hari ini, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 Kelompok A dan B, akan bercerita tentang kegiatan paskah selama di rumah.

Bened berdoa IMG 20200424 WA0028

Tidak terasa hari paskah telah tiba, Hari ini, Minggu 12 April 2020, kita umat kristiani, merayakan hari paskah. Ada yang tahu arti dari hari paskah? Hari paskah merupakan hari dimana umat kristiani merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Hari paskah menjadi tanda bahwa Tuhan sangat mengasihi kita dengan rela mati di kayu salib untuk menebus dosa – dosa kita umat manusia. Nah, apa kegiatan teman – teman di rumah selama paskah, pasti sungguh sangat menyenangkan. Meskipun belajar di rumah, kami anak – anak TK Kristen Petra 11 juga memperingati paskah dengan materi yang dikirim oleh Ibu Guru dari tanggal 6 – 14 April 2020. Kegiatan paskah kami adalah memuji Tuhan dan menonton video Tuhan Yesus berdoa di taman Getsemani, memimpin doa, mendoakan orang lain,  bernyanyi lagu paskah. Kegiatan kami tidak hanya itu, anak – anak kelompok A, tetapi berdoa dengan menggunakan bahasa Inggris, dengan kalimat seperti ini :           

Thank you, Lord Jesus
You have died for us
You have risen for us
Thank you for Your love, Jesus
In the name of Jesus, we have prayed

Amen.

Begitulah doa yang kami ucapkan, meskipun ada kata – kata kami yang masih salah, kami tetap belajar hehe. Anak – anak Kelompok B juga tidak mau kalah, kali ini, kami menghafal sebuah puisi, wah hebat sekali, pasti akan terdengar sangat indah, hehe ayo kita baca seperti apa puisinya, ya.      

IMG 20200424 WA0030  IMG 20200424 WA0033          

Jesus Loves Me

Jesus was born for me
Jesus died for me
Now, Jesus has risen for me
I know that...
He lives in my heart forever
Thank you, Lord Jesus.

Nah, itulah puisi untuk anak – anak kelompok B, meskipun masih menghafal dan masih sering salah, kami tetap berusaha untuk belajar, sehingga di kemudian hari, kami dapat mengerti dan dapat melakukan sendiri dengan baik. Demikianlah kegiatan kami saat paskah. Kiranya berkat Tuhan tercurah bagi kita untuk boleh bersama bangkit dan membangun kehidupan iman yang baik, supaya kita menghasilkan buah- buah iman yang berguna. Selamat merayakan Hari Paskah. 

IMG 20200424 WA0034 Jonathan berdoa

Kimiko

PTC Eduventure

Jumat, 29 November 2019, kami TK Kristen Petra 11 kelompok A dan kelompok B, mengikuti kegiatan  Fieldtrip ke Mall PTC. Semua anak TK kelompok A dan B, pagi itu, berangkat ke Mall PTC untuk mengikuti kegiatan di sana, mau tahu kegiatan apa saja di sana, yuk ikuti kami.

IMG_20191129_125917.jpgIMG_20191129_131708.jpgIMG_20191129_125944.jpgIMG_20191129_131200.jpgIMG_20191129_112207.jpg
 

Eduventure, berpetualang sambil belajar, ye.., semua anak tampak bersemangat. Karena hari ini kami, akan belajar di luar kelas tepatnya di mall, bersama dengan Bapak dan Ibu Guru. Kegiatan pertama yang kami ikuti pertama adalah di area hands craft, ya kami akan membuat keterampilan tangan dengan dipandu kakak penyelenggara acara, kami memulai kegiatan di sana dengan membuat hiasan pohon natal yang terbuat dari potongan kertas panjang dan warna – warni, dari potongan kertas tersebut kami gulung satu per satu sampai habis, ada juga teman kami yang kesulitan dalam menggulung kertas tersebut, tetapi dengan dibantu oleh Bapak dan Ibu Guru semua dapat diselesaikan, setelah proses menggulung selesai kini saatnya untuk menempel hiasan pada pohon natal yang sudah disiapkan, selanjutnya kami foto bersama dengan hasil karya kami.

Kegiatan yang kedua, kami menuju ke area ownbunny land, yaitu tempat hewan peliharaan kelinci. Di sana kami melakukan kegiatan membuat topeng kelinci, menggunting, mewarnai, dan menempel bulu kelinci yang terbuat dari kapas. Di akhir acara, kami diperbolehkan memegang dan memberi makan kelinci. Ternyata makanan kelinci tidak hanya wortel tetapi juga rumput dan jerami. Kakak pemandu fieldtrip memperbolehkan kami memberi makan kepada kelinci – kelinci tersebut, melalui seikat rumput,  kami pun mulai memberi makan, sungguh asik sekali kegiatan ini. Tidak hanya itu, kami juga diperbolehkan untuk menyentuh salah satu dari kelinci peliharaan tersebut, bulunya sangat lembut, teman kami ada yang tertawa karena geli ketika menyentuh tubuh kelinci. Berpetualang sambil belajar demikianlah kegiatan kami saat fieldtrip ke mall PTC, sampai jumpa.

boost the values reap the success